Racing is my blood, Islam is my way to life

Cek Tekanan Darah

Tekanan darah perlu diukur secara rutin. Hipertensi (tekanan darah tinggi) biasa berakibat fatal seperti stroke, gagal ginjal atau gagal jantung.

Apa sih tekanan darah? Sejak lahir sampai akhir hayat, jantung berdenyut untuk memompa darah. Ketika tekanan darah diperiksa, akan ada dua angka. Misalnya 120/ 80.Nilai/angka yang lebih tinggi (siskotik) menunjukkan fase darah yang dipompa oleh jantung,sedangkan yang lebih rendah (diastolik) menujukkan fase darah kembali ke jantung. Kedua angka ini sama penting, dalam mengindikasi tingkat kesehatan seseorang.

Berdasarkan gudelines WHO tahun 1999, tekanan darah dianggap normal bila kurang dari 130/85 mmHg. Batasan ini berlaku bagi orang dewasa (diatas 18 tahun).

Menurut penelitian, faktor keturunan, stres, kegemukan dan gaya hidup tidak sehat, dapat memicu timbulnya hipertensi. Hubungan stres dengan hipertensi, diduga karena adanya peningkatan aktivitas saraf simpatis. Saraf ini dapat meningkatkan tekanan darah secara tidak menentu (intermintten). Stress berkepanjangan memungkinkan  tekanan darah tinggi menetap. Masyarakat perkotaan diketahui lebih rentan stres dibanding masyarakat di pedesaan. Dengan kata lain, orang kota lebih  berisiko  mengidap hipertensi dengan segala risikonya.

Meski sering tanpa gejala , pada  penderita yang telah lama mengidap hipertensi bisa timbul gejala seperti sakit kepala, kelelahan, mual,muntah, sesak nafas, gejala dan penglihatan kabur karena ada gangguan pada otak, mata, jantung dan ginjal. Penderita hipertensi berat kadang mengalami penurunan  kesadaran sampai koma, karena terjadi pembengkakan otak . keadaan ini disebut ensefalopati hipertensif.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan , sebaiknya kita rutin mengontrol tekanan darah. Bisa ke dokter atau rumah sakit, bisa juga dilakukan sendiri di rumah dengan alat yang kini banyak dijual di pasaran . Sebelum pemeriksaan, sebaiknya istirahat dulu minimal 5 menit. Hindari minum kopi atau merokok, ½-1 jam sebelum pemeriksaan. Periksa tekanan darah biasanya tidak cukup 1x. Untuk lebih menyakinkan,perlu diukur beberapa kali dalam rentang waktu 2-4 minggu. 

  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s