Racing is my blood, Islam is my way to life

Penatalaksanaan Maag

Pengobatan maag harus sampai tuntas. Jika tidak,maag bisa kambuh lagi dan bahkan menjadi semakin kronis.

Manusia adalah sebaik-baik kejadian.tubuh manusia sangat unik,paripurna dan memiliki sistem yang canggih, tubuh dapat merekam kebiasaan dan kebiasaan yang membentuk suatu pola tertentu,yang disebut bioritme. Tubuh akan mempersiapkan diri sesui dengan bioritme itu tubuh juga dapat mengingat, kapan waktunya kita bisa makan dan berapa banyak.

Lambung mempersiapkan diri dengan memproduksi asam lambung yang kurang lebih sesuai jumlahnya. Ketika makanan masuk, lambung dapat mencerna denga baik. Jika pola makan tidak teratur, tubuh menjadi bingung. Produksi asam lambung menjadi tidak seimbang  dan timbullah sakit maag.

Sering, asam lambung naik sampai ke mulut hingga terasa asam. Bila sedang kumat, penderita sakit maag yang parah bisa sampai pingsan. Jika sakit maag tidak segera diatasi, akan timbul gangguan lain yang lebih parah. Antara lain lambung menjadi luka yang disebut tukak lambung.

Penatalaksanaan maag adalah dengan memerhatikan faktor penyebab dab pencetusnya. Mereka yang ketahanan mukosa lambungnya sensitif,harus lebih hati-hati karena mudah terserang gejala maag. Jika mengonsumsi makanan yang bersifat iritatif,seperti kopi, makanan terlalu asam, pedas, makanan yang mengandung gas seperti kol,bisa terasa ingin muntah.

Langkah berikutnya, hindari perut kosong terlalu lama. Bagi yang suah makan, ubah pola makan menjadi porsi kecil-kecil tetapi sering. Hindari makanan  atau obat yang bisa mengiritasi lambung. Meski dalam penelitian tidak terbukti secara bermakna atau masih diperdebatkan, stres bisa menyebabkan hipersekresi asam lambung.

 Ada juga obat yang bersifat menetralkan asam lambung, seperti antasida, dengan nama dagang mylanta, promag dll. Obat ini bekerja untuk membuat keasaman lambung menurun, sehingga iritasi terhadap mukosa lambung bisa ditekan. Untuk maag kronis, karena ada ulkus/ perlukaan atau infeksi, bisa diberikan obat antiseptik.

Obat lain adalah golongan protonpamhidibitor (PPI) yang bekerja menghambat skresi asam lambung.PPI bekerja langsung pada enzim. Yang memicu terjadinya sekresi asam lambung.

Maag pada wanita

Wanita lebih rentan terserang penyakit maag. Penyebabnya stres, makan tidak teratur, rokok, alkohol, diit yang salah dan obat-obatan tertentu.
    
Dibanding pria, wanita lebih rentan mengalami sakit maag. Sub Bagian Gastroenterologi ilmu penyakit dalam RSCM jakarta,mencatat dari seluruh pasien maag yang datang, 60%nya adalah wanita. Bukan karena wanita lebih lemah. 
    
Dalam sebuah jurnal kedokteran, peneliti dari universitas leeds,Dr. Daryl O’Connor,mengungkapkan stres dapat mempengaruhi kebiasaan makan seseorang.” saat  stres, orang cenderung makan sedikit, termasuk kurang sayuran. Mereka memilih  mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori,”kata O’connor.Stres menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh dan merangsang produksi asam lambung dalam jumlah berlebihan. Akibatnya, lambung terasa sakit,nyeri, mual, mulas, kembung bahkan luka (peptic ulcer).
    
Sakit maag umumnya terjadi akibat asam lambung yang tinggi atau terlalu banyak makan makanan yang bersifat merangsang (pedas, asam, kopi, alkohol, nikotin, bakmi yang mengandung air abu dan obat-obatan tertentu). Makanan yang ”tajam”ini merusak dinding lambung.
     
Gejala khas sakit lambung atau maag. Berupa rasa nyeri atau pedih pada ulu hati meski baru saja selesai makan. Namun kalau rasa pedih hanya terjadi sebelum makan, atau di saat lapar mereda sehabis makan,yang bersangkutan belum dapat dikatakan menderita sakit maag. Pada wanita yang bekerja hingga larut malam, ada kecenderungan ngemil makanan yang manis-manis,merokok dan minum alkohol.

Pemicu sakit maag adalah makan tdak teratur. Pola makan tidak teratur atau menunda waktu makan, tidak baik bagi lambung. Kesibukan kerja atau belajar, sering mandorong wanita mengisi perut dengan makan seadanya, tanpa memikirkan nilai gizinya. Kebiasaan ini mengacaukan kerja lambung dalam memproduksi asam lambung.
     
Pada wanita yang menjalankan progam diit, sering ditemukan pengunaan obat –obat pelangsing yang justru membuat produksi asam lambung terganggu. Diit ketat yang hanya mengonsumsi buah-buahan atau sayuran, akan menimbulkan gangguan pencernaan.
      
Wanita yang tengah hamil trimester pertama, sering mual, perih kembung dan muntah. Biasanya, wanita yang mengalami keluhan demikian memang telah lama memiliki gejala sakit maag. Ada juga wanita yang menderita gejala seperti sakit maag karena kehamilannya. Gejala itu disebut hyperesis gravidarum.

    

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s