Racing is my blood, Islam is my way to life

Honda SP1/SP2

Honda SP1 dan SP2 dibuat oleh Honda hanya untuk membuktikan satu hal, yakni menjadi motor nomor satu dan mengalahkan Ducati di trek, dengan mesin yang sama, V twin!!. Sayangnya, hal ini membuat motor ini kurang nyaman, karena mempunyai set up on/off untuk fuelling, power terlalu besar untuk dikendalikan sasis dan riding position yang kaku, khas motor balap. bagaimanapun, Honda telah membuat SP1/2 sangat cantik, terdengar sangat menarik mesinnya dan membuat 90% rider terlihat lebih cepat dari tang sebenarnya.

Sebagai motor yang ditakdirkan hebat, Honda SP mrnggunakan sistem fuel injection dengan 12 titik injektor yang menghasilkan 133 bhp pada 10000 rpm. Mesinnya mempunyai volume 999 cc yang bisa berlari sampai dengan 170mph (sekitar 270km/jam).

Honda SP membutuhkan lintasan balap sebagai membuktikan kehandalan sasisnya karena sangat susah dan bahaya untuk mengeluarkan semua kemampuannya di jalanan umum. Motor ini lebih kelihatan seperti motor yang dibuat langsung oleh HRC untuk kepentingan balap, daripada sebuah motor yang dibuat oleh pabrik pada umumnya. Setiap detailnya mengagumkan dan mempunyai aura karya yang luar biasa serta mempunyai durability melebihi produksi massal motor Honda lainnya.

Motor ini mulai dibuat pada tahun 2000 dan sampai sekarang masih diproduksi dengan harga 9,399 Lira. Dan telah membuktikan kedigdayaannya dengan merebut 2 kali juara WSBK dengan rider Collin Edward sebelum kiprahnya digantikan dengan Honda CBR. Valentino Rossi juga mengakui kehebatan motor ini dan bahkan memiliki motor ini digarasinya.

Specifications

Top speed 170mph
1/4-mile acceleration 11.2 secs
Power 133bhp
Torque 75ftlb
Weight 194kg
Seat height 820mm
Fuel capacity 18 litres
Average fuel consumption 30mpg
Tank range 110 miles
Insurance group 17
Engine size 999cc
Engine specification 8v V-twin, 6 gears
Frame Aluminium twin spar
Front suspension adjustment Preload rebound compression
Rear suspension adjustment Preload rebound compression
Front brakes Twin 320mm discs
Rear brake 220mm disc
Front tyre size 120/70 x 17
Rear tyre size 190/50 x 17

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s