Racing is my blood, Islam is my way to life

Sembilan Makanan Rambut Sehat

Penulis : purwanti

Mungkin kita sudah terbiasa merawat rambut dengan berkeramas, melakukan creambath di salon maupun dirumah bahkan menggunakan bahan-bahan mengandung kimia lainnya agar rambut terlihat indah. Namun sampo, conditioner dan krim rambut saja tidak cukup untuk memberikan nutrisi agar rambut Anda sehat. Anda membutuhkan lebih dari sekedar keramas dengan sampo dan creambath, dan itu ada di sekitar dapur Anda.”Rambut Anda tumbuh sekitar 1 sampai 1.5 sentimeter per bulan, dan nutrisi yang didapat untuk pertumbuhan rambut, kuku dan kulit berasal dari makanan yang kita makan.” kata Dawn Jackson Blatner, RD, seorang pakar diet.

Berikut ini adalah makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mendapatkan rambut sehat :

1. Salmon

Daging ikan salmon mengandung lemak omega-3 yang merupakan sumber protein yang baik, selain itu juga mengandung vitamin B12 dan zat besi.

“minyak esensial omega-3 dibutuhkan untuk kesehatan kulit kepala,” kata Andrea Giancoli, MPH, RD, seorang juru bicara American Dietetic Association. “kekurangan omega-3 dapat menyebabkan kulit kepala kering dan rambut yang pecah-pecah, sehingga terlihat kusam.”

2. Sayuran Hijau Tua

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli merupakan sumber vitamin A dan C yang sangat baik, dimana dibutuhkan tubuh Anda untuk memproduksi sebum (minyak). Zat minyak inilah yang keluar melalui lubang kulit kepala dan merupakan conditioner alami bagi rambut Anda.

3. Kacang-kacangan

Bagaimana bisa kacang-kacangan membuat rambut menjadi sehat?, tentu saja bisa. Kacang-kacangan bisa jadi sangat penting untuk pertumbuhan rambut Anda. Kacang-kacangan tidak hanya menghasilkan protein untuk pertumbuhan rambut, tapi juga zat biotin dan kaya akan zat besi.

Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rapuh. Disarankan untuk mengonsumsi paling tidak tiga cangkir kacang-kacangan seperti buncis, kacang merah atau polong-polongan setiap minggunya.

4. Unggas

Ayam atau kalkun memiliki bulu, tetapi dengan kualitas protein yang disediakan akan membantu Anda memberikan rambut sehat seperti yang Anda inginkan.

“tanpa kecukupan protein atau kekurangan protein, akan membuat rambut semakin rapuh dan warna rambut akan memudar,” ujar Giancoli seperti dikutip WebMD.

5. Telur

Bagaimanapun penyajian yang Anda senangi, apakah digoreng, direbus, atau di oven sekalipun tidak masalah. Karena telur merupakan salah satu sumber protein yang bagus dan mudah di dapatkan. Telur juga mengandung biotin dan vitamin B12 yang penting untuk nutrisi kecantikan.

6. Biji-bijian

Biji-bijian sangat baik untuk kesehatan jantung, temasuk di dalamnya biji gandum atau bahan olahan lainnya seperti sereal dan biji-bijian yang telah difortifikasi. Selain sehat untuk jantung, biji-bijian juga sangat baik untuk pertumbuhan rambut sehat. Mengandung zinc, zat besi dan vitamin B.

7. Oyster (kerang-kerangan)

Kerang-kerangan mungkin dikenal sebagai makanan pembangkit gairah seks, tapi bukan hanya itu saja. Kerang juga bis amembuat rambut Anda semakin sehat.

Kuncinya adalah karena kerang-kerangan mengandung zinc, yakni antioksidan yang kuat. Jika kerang-kerangan tidak membuat Anda berselera di meja makan, Anda bisa menggantinya dengan daging sapi atau domba.

8. Makanan Rendah Lemak

Makanan rendah lemak seperti susu skim dan yogurt merupakan sumber kalsium yang baik, dan merupakan sumber mineral untuk pertumbuhan rambut. Makanan tersebut juga mengandung whey dan casein, dua sumber protein kualitas tinggi.

9. Wortel

Buah kesukaan kelinci ini merupakan sumber vitamin A terbaik, dimana dapat meningkatkan kelembaban kulit kepala. Anda dapat mengonsumsi wortel sebagai camilan, di jus atau sebagai campuran salad.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s