Racing is my blood, Islam is my way to life

Daftar Makanan yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

 
Makan merupakan kebutuhan pokok agar kita bisa bertahan hidup. Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah makanan yang kita konsumsi selama ini tercukupi kebutuhan gizinya? Belum tentu.

Kenapa tidak sekalian saja memastikan dengan konsumsi jenis makanan tertentu kita juga dapat memperoleh manfaat menguatkan tulang, meningkatkan kekebalan, melawan kanker dan lain-lain?

Yuk, kita intip sejumlah makanan yang memberi manfaat ekstra dan sungguh dibutuhkan tubuh sehingga Anda harus makan secara teratur setiap harinya:
1. Yogurt
Manfaat ekstra
Melawan kanker, menguatkan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh
Kenapa harus minum yogurt? Karena selama fermentasi menjadi susu asam banyak bakteri baik atau probiotik yang tumbuh subur di yogurt. Probiotik ini berffungsi mengusir patogen atau bakteri jahat di permukaan ususu, meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan kanker.
Tapi tidak semua yogurt memang mengandung probiotik, makanya pastikan baca labelnya tertulis ‘mengandung kultur yang hidup dan aktif’ agar manfaatnya dapat dirasakan tubuh. Minum satu botol sudah cukup.
Menu pengganti
Kefir atau yogurt kedelai

2.  Tomat
Manfaat ekstra
Melawan kanker, kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan
Kenapa harus makan tomat? Warnanya yang merah menggoda mengandung banyak likopen yang kaya antioksidan. Makan tomat yang sudah diproses juga sama besar manfaatnya dengan mengonsumsi tomat mentah karena tubuh akan lebih mudah menyerap likopen.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa makanan yang kaya likopen dapat menurunkan risiko penyakit kandung kemih, paru-paru, kanker prostat, kanker kulit serta kanker lambung, juga menurunkan risiko penumpukan plak di pembuluh darah. Coba konsumsi 22 mg likopen per hari (sekitar 8 tomat ukuran kecil) atau segelas jus tomat.
Menu pengganti
Semangka merah, anggur merah, pepaya dan jambu.

3. Wortel
Manfaat ekstra
Melawan kanker. meningkatkan kekebalan, mendongkrak tajam penglihatan
Sebagian besar buah atau sayuran berwarna kuning, merah atau oranye kaya dengan karotenoid, yaitu senyawa larut lemak yang dihubungkan dengan kemampuan mengurangi risiko penyakit kanker, juga mengurangi kondisi pembengkakan hebat seperti asma dan rheumatoid arthritis. Konsumsi tomat setengah cangkir per hari.
Menu pengganti
Kentang manis, labu, mangga, paprika

4. Blueberi
Manfaat ekstra
Merangsang kerja otak, melawan kanker, kesehatan jantung, mendongkrak imunitas
Kenapa harus makan blueneri? Karena buah ini kaya antioksidan, blueberi dipercaya dapat mencegah kanker, diabetes dan daya ingat dikaitkan dengan makin bertambahnya usia. Studi menunjukkan bahwa blueberi, yang kaya serat dan vitamin A dan C, mendongkrak kesehatan jantung. Makanlah secangkir blueberi segar per hari atau setengah cangkir blueberi kering.
Menu pengganti
Anggur ungu, stroberi, prem

5. Kedelai hitam
Manfaat ekstra
Pertumbuhan otot, merangsang kerja otak, kesehatan jantung
Semua kedelai bagus bagi kesehatan jantung, namun tidak ada yang dapat meningkatkan daya ingat secanggih kedelai hitam. Kenapa? Karena kedelai hitam kaya antosianin, sebuah senyawa antioksidan yang telah terbukti memperbaiki fungsi otak. Setengah cangkir kedelai hitam mengandung 8 gram protein dan 7,5 gram serat, rendah kalori serta bebas asam lemak jenuh.
Menu pengganti
Lentil, ginjal, fava, kacang kapri

6. Kenari
Manfaat ekstra

Pertumbuhan otot, merangsang daya kerja otak, melawan kanker, kesehatan jantung, mendongkrak imunitas
Kenari ternyata lebih kaya asam lemak omega 3 dibandingkan salmon, juga penuh dengan zat anti peradangan karena mengandung polifenol ketimbang anggur merah, dan kaya protein untuk menguatkan otot dibandingkan protein yang dikandung ayam. Kenari memang kaya manfaat. Makanlah kenari sekitar satu ons atau tujuh biji, baik dalam bentuk murni atau sudah berbentuk makanan ringan.
Menu pengganti
Almond, kacang, macadamia nuts, hazelnuts

7. Gandum
Manfaat ekstra
Pertumbuhan otot, merangsang otak, kesehatan jantung
Selain kaya manfaat, gandum juga mengandung serat tinggi yang larut air yang berfungsi menurunkan risiko serangan jantung. gandum juga kaya karbohidrat, namun pelepasan gulanya diperlambat dengan adanya serat. Karena gandum juga mengandung 10 gram protein untuk setengah cangkirnya, maka juga dapat membangun otot.
Menu pengganti
Nasi dan sumber karbohidrat lainnya

8. Bayam

Manfaat ekstra
Meningkatkan gairah seksual, pertumbuhan otot, kesehatan jantung, memperkuat tulang, meningkatkan tajam penglihatan
Mungkin dia hanyalah sayuran berwarna hijau, namun bayam dipercaya berkhasiat meningkatkan keperkasaan laki-laki. Bayam dapat membangun otot bisep karena kaya asam lemak omega 3 dan folat, yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis.
Sebagai bonusnya, folat juga meningkatkan aliran darah ke penis. Bayam kaya lutein, sebuah senyawa yang elawan degenerasi makula pada mata. Konsumsi secangkir bayam mentah atau setengah cangkir bayam masak setiap harinya.
Menu pengganti
Kale, bokcoy, selada.

Sumber: hanyawanita.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s