Racing is my blood, Islam is my way to life

Honda RCV212V Pneumatic : ready to race, finally.

Okada, Jerez MotoGP Test November 2007

Honda akhirnya akan menguji coba mesin barunya yang dilengkapi dengan katup pneumatis di GP Mugello, Italia pekan mendatang. Sejatinya, mesin ini pernah di uji coba di test pra musim, tapi karena bermasalah di penyaluran tenaga, akhirnya di kembalikan ke HRC Jepang untuk diriset lebih lanjut. uji coba di Mugello ini dilakukan dengan fasilitas wild card dengan menurunkan veteran Honda, Tadayuki Okada. Okada adalah rider Honda seangkatan Mick Doohan.

Dalam karir balapnya, Okada memenangkan empat kali juara seri antara tahun 1996 sampai 2000 dengan menjadi runner up tahun 1997. Okada terakhir kali turun di balap dunia pada tahun 2000, di Phillip Island, Australia.

Mesin baru Honda ini diharapkan sesuai dengan long straight yang di miliki sirkuit Mugello. Mesin Pneumatis bisa mencapai rpm yang lebih tinggi daripada mesin valve spring, sehingga sangat cocok untuk sirkuit yang panjang dan membutuhkan tenaga lebih. Saat ini, mesin valve spring Honda dibatasi sampai dengan 19.000rpm saja, karena di atas itu, per-nya sudah tidak mampu bertahan. Dengan katup pneumatis, kitiran rpm bisa lebih dari 20 ribu rpm, sehingga bisa bejaban dengan desmodromic-nya GP8 dan pneumatis valve-nya kompetitor yang lain.

Pembalap andalan Honda, dani pedrosa dan nicky hayden tetap akan memakai mesin lama di Mugello dan baru akan memakai mesin baru setelah benar-benar siap.

One response

  1. ismail marzuki

    apaan tuh

    Februari 6, 2009 pukul 11:39 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s