Racing is my blood, Islam is my way to life

Kegemukan Dapat Dicegah

 
Memiliki berat badan berlebih memang hal yang menakutkan bagi wanita. Selain karena tidak sedap di lihat, ternyata kegemukan pun tidak baik bagi kesehatan tubuh. Bisa dibilang tubuh yang memiliki berat badan yang berlebih adalah tempat berkumpulnya penyakit.Oleh sebab itu jagalah agar tubuh Anda tidak memiliki berat badan berlebih. Tetapi bukan berarti Anda harus memiliki badan yang super slim loh, hal itu pun juga tidak diperbolehkan. Jika Anda melakukan diet, dietlah dengan benar dan tidak berlebihan.
Janganlah Anda percaya dengan iming-iming yang mengatakan dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan instant. Hal ini jelas sangat tidak benar. Ada beberapa hal yang harus dilakukan, jika Anda menginginkan berat badan ideal. Anda bisa kok mencegah kegemukan pada diri sendiri, lihat yuk apa saja sih cara-caranya.

  1. Biasakan makan teratur, jika sudah masuk waktu jam makan pagi, siang dan malam biasakan untuk makan tepat waktu. Jangan dimajukan atau dimundurkan jam makan Anda, karena perubahan waktu dapat memicu terjadinya kompensasi yang berlebihan pada jam makan berikutnya. Makan yang berlebihan ini dapat menyebabkan berat badan Anda naik.
  2. Batasi jumlah makan, terutama karbohidrat yang terdapat pada nasi dan roti. Perbanyaklah makan sayur dan buah dalam menu makan Anda.
  3. Jangan menyambi pada waktu Anda makan, seperti menonton tv atau membaca buku karena tanpa disadari makan Anda akan bertambah banyak.
  4. Kunyahlah makanan yang Anda makan, selain bagus untuk pencernaan ternyata mampu membuat Anda membatasi jumlah makanan yang masuk.
  5. Cepatlah membereskan meja makan Anda sehabis makan, karena sisa makanan yang terlihat bisa membuat Anda ingin lagi, lagi dan lagi. Jika hal ini terjadi berarti makanan Anda menjadi lebih banyak.
  6. Stop Ngemil. Walaupun ngemil tergolong makanan ringan, tetapi tetap saja ngemil memiliki peranan dalam menaikkan berat badan Anda. Gantilah ngemil Anda dengan buah, selain mengenyangkan ternyata bagus juga untuk kesehatan.
  7. Untuk makan malam, makanlah lebih awal atau minimal dua jam sebelum tidur. Tentu saja porsi makan malam Anda lebih sedikit jika dibandingkan dengan makan siang. Mengapa lebih awal? Hal ini dimaksudkan agar makanan yang Anda makan tidak langsung menjadi lemak. Biasanya pada malam hari aktivitas Anda lebih sedikit jika dibandingkan dengan aktivitas siang.

Dan yang paling utama agar Anda terhindar dari kegemukan, Anda harus berolahraga! Cara ini memang tidak bisa ditawar lagi. Lakukan olahraga secara teratur sampai badan Anda berkeringat. Jika berkeringat itu tandanya lemak Anda terbakar dan tubuh pun menjadi langsing.

Sumber: hanyawanita.com

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s