Racing is my blood, Islam is my way to life

Kiat Sehat Pelihara Prostat

 
Pada pria setengah baya, kelenjar prostat akan cenderung membesar. Dari sebesar buah kenari, akan menjadi seukuran buah jeruk. Keadaan ini menyempitkan saluran kencing. Selain pengobatan dan operasi, beberapa tindakan seperti mengatur pola makan, mengelola stres, dan perawatan lain, perlu dilakukan.

Seiring bertambahnya usia, kelenjar prostat sering tidak bisa diajak kompromi. Organ ini akan meradang dan bertambah besar. Pembesaran prostat jinak (PPJ) ini dalam bahasa medis disebut Benign Prostatic Hyperplasia (BPH).

Beberapa penelitian yang dilakukan di Amerika menyatakan bahwa angka kejadian BPH meningkat seiring bertambahnya usia. Berdasar hasil autopsi, 20 persen penderita BPH berusia antara 41 sampai 50 tahun, 50 persen berumur 51-60 tahun, dan lebih dari 90 persen berusia 80 tahun. Sayang, di Indonesia, kita tidak memiliki data atau angka kejadian yang pasti.

Rasa Jengkel
Akibat pembesaran ini, saluran kencing akan terjepit. Saat kencing, kandung kemih akan bekerja ekstra keras mendorong urin agar keluar. Yang terjadi, urin keluar hanya sedikit.

Tentu keadaan ini menimbulkan rasa jengkel dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Urin yang sebenarnya sudah banyak, sedikit sekali yang keluar, sehingga balik lagi ke ginjal akibat kandung kemih tidak mampu lagi menampung urin dalam jumlah banyak.

Selain akibat pengeluaran urin yang sedikit, ketidakmampuan kandung kemih menampung urin juga disebabkan oleh menurunnya kelenturan dan kepekaan reseptor saraf kandung kemih. Sayang, penyebab pembesaran prostat jinak sampai saat ini belum dapat diketahui pasti.

Beberapa tindakan seperti operasi kecil maupun obatobatan bisa jadi akan membantu. Di samping itu, masingmasing pribadi perlu melakukan beberapa hal demi lancarnya perawatan, yakni:
a. Kelola Stres
Stres menyebabkan kekejangan otot di sekitar panggul Anda yang sudah tidak elastis lagi. Tentu hal ini berpengaruh pada prostat karena penjepitan yang terjadi mengakibatkan pembengkakan.

Kelola stres dengan beberapa langkah berikut: 1) Kenali pemicu, 2) Lakukan rileksasi, 3) Alihkan perhatian, 4) Lakukan peregangan dan pelemasan otot, 5) Cuci muka agar wajah tidak tegang, tetapi kembali rileks, 6) Hempaskan badan ke kursi dan nikmati waktu sejenak.

b. Ubah Pola Makan

Anda dapat mengontrol gangguan prostat, termasuk kanker prostat, dengan cara mudah, yakni mulai dari meja makan Anda sendiri. Banyak bukti menunjukkan bahwa pengaturan pola makan memperbaiki gangguan metabolisme.

Lakukan beberapa hal berikut ini: 1) Konsumsi makanan rendah lemak dan kaya serat, 2) Hindari gala pasir, tepung olahan, dan zat tambahan, 3) Kurangi makanan penyebab alergi, 4) Minum delapan gelas air putih sehari.

c. Olahraga Cukup dan Teratur

Sejumlah penelitian yang dilakukan di Harvard Medical College, AS, menyebutkan bahwa pria yang tetap aktif berolahraga sepanjang hidupnya berpeluang lebih sedikit mengalami gangguan prostat, termasuk kanker prostat.

Olahraga teratur mengontrol berat badan. Keadaan ini berpengaruh pada otot lunak yang melingkari prostat. Dengan olahraga teratur, otot ini tidak terbebani.

Olahraga seperti jalan kaki, bersepeda, berenang aerobik, senam, taichi, atau latihan kegel adalah jenis aktivitas fisik yang disarankan. Namun, tentu saja lebih baik Anda melakukan latihan sesuai minat dan kesenangan, sehingga olahraga menjadi kegiatan yang menyenangkan.

d. Olahraga Mental

Ini adalah jenis kegiatan yang bertujuan meningkatkan mood atau memperbaiki kondisi mental setiap hari, bahkan setiap detik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. iVIenekuni berbagai macam hobi yang sebelumnya sudah digeluti, membaca, serta berbagi pengalaman dan berkumpul dengan rekan adalah cara-cara yang bisa menyehatkan mental.

Anda mungkin perlu memahami bahwa tersenyum menyelamatkan hidup Anda. Dengan tersenyum, seluruh energi positif yang Anda miliki akan meningkat. Keadaan mental dan fisik dengan sendi rinya pun akan membaik.
Sumber: Senior

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s