Racing is my blood, Islam is my way to life

6 Langkah Menguatkan Kekebalan Tubuh

 

Pernahkah Anda mengalami pada suatu musim penyakit, tatkala semua orang tertular ternyata hanya Anda yang sehat? Atau mungkin justru sebaliknya. Anda yang jatuh sakit sementara yang lain sehat. Kemampuan kita untuk menahan serangan penyakit, menunjukkan kekuatan kekebalan tubuh kita. Karena sistem kekebalan tubuhlah yang bertugas melindungi kita dari berbagai jenis infeksi atau terbentuknya kanker. Jadi kita sering mengalami penyakit infeksi, meskipun yang bersifat ringan seperti batu pilek, itu berarti sistem kekebalan tubuh kita perlu ditingkatkan.Kita perlu ingat bahwa apapun yang kita sentuh, makan, minum, pikirakan, bahkan yang kita impikan, sangat mempengaruhi kesehatan dan kekebalan tubuh kita. Jadi pada dasarnya cara kita menjalani hidup adalah sumber kekuatan utama kita dalam menjaga kesehatan dan membangun kekebalan tubuh.

Kebiasaan hidup yang baik seperti tidur cukup, berolahraga teratur, pengaturan pola makan yang sehat atau bagaimana kita mengelola stres telah terbukti merupakan dasar dalam membentuk kekebalan tubuh yang kita dan meningkatkan vitalitas. Hal itu telah berulang kali diteliti oleh apra ahli. Jadi, masukkan selalu dalam agenda kegiatan harian Anda. Tapi jangan lupa, kurangi atau hilangkan juga kebiasaan buruk seperti minum minuman beralkohol, merokok, atau terlalu banyak terkena polusi.

Usahakan cukup minum
Manusia bisa bertahan hingga 6 minggu tanpa makanan tapi hanya bisa bertahan 1 minggu tanpa air. Air memang sangat penting bagi kita. Karena air yang selalu membawa pergi kotoran dan segala racun tubuh dari sel-sell dan seluruh tubuh kita. Sebagian racun dan kotoran tersebut merupakan sisa-sisa kegiatan metabolisme maupun kekebalan tubuh kita atau oleh mikroba-mokroba tertentu yang terdapat dalam tubuh kita. Sisanya terdapat secara alami dalam makanan, air dan udara yang kita hirup. Tanpa air, semua racun tersebut akan menumpuk di dalam tubuh kita dan menimbulkan berbagai penyakit.

Berapa banyak air yang kita butuhkan? Jumlah yang dianjurkan rata-rata adalah 4-8 gelas sehari. Tapi jumlah itu bisa bertambah jika kita berada di tempat yang panas sehingga banyak mengeluarkan keringat, atau ketika sedang berolahraga. Jika Anda sudah cukup tidur dan makan makanan yang sehat tapi tubuh masih terasa letih dan lelah, cobalah minum lebih banyak air, karena bisa jadi itu merupakan tanda dehidrasi.

Tidur cukup membuat lebih sehat dan panjang umur
Setiap orang umumnya memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, tetapi berdasarkan survei, orang yang tidur 8 jam sehari rata-rata umurnya lebih panjang dibandingkan orang yang tidurnya hanya 4 jam sehari atau bahkan kurang. Jika waktu tidur kita cukup panjang, berarti kita hanya terjaga dan beraktivitas dalam waktu yang lebih sinhkat, jadi sas-sisa metabolisme bersifar racun yang dihasilkan tubuh juga hanya sedikit.

Selain itu tidur yang cukup sangat penting untuk memberikan kesempatan tubuh beristirahat dan memperbaiki bagian-bagian yang rusak. Tidur nyenyak memberikan kesempatan tubuh memproduksi lebih banyak antibodi dan menguatkan kekebalan tubuh dalam menghadapi serangan radikal bebas secara konstan, atau racun lainnya dalam aliran darah.

Mengapa kurang tidur membuat kita mudah sakit? Karena salah satu fungsi tidur adalah menekan pertumbuhan jamur atau bakteri yang bersifat patogen. Dengan begitu selalu terjadi keseimbangan pada berbagai jenisjamur dan bakteri yang banyak terdapat di dalam perut, antara yang bersifat patogen dan yang bersifat menguntungkan. Jika keseimbangan terganggu sehingga jumlah bakteri patogen lebih dominan, maka kita akam mudah jatuh sakit.

Bagaimana mengetahui waktu tidur yang cukup bagi kita? Biasakan tidur pada jam yang sama dan lihatlah jam berapa bangun tanpa bantuan weker. Itulah waktu tidur yang Anda butuhkan.

Jangan segan berolahraga
Olahraga bisa membantu memperbaiki sirkulasi darah dan mendukung peremajaan sek yang sehat, karena itu perlu dilakukan secara teratur. Olahraga juga cara yang baik untuk menyehatkan sistem kelenjar getah bening dan membantu mengatasi stres.

Karena itu, biasalan berolahraga lima hari dalam seminggu setidaknya selama 20 menit. CObalah jalan santai, berenang atua lari pagi.

Pilih makanan yang berkualitas
Makanan yang baik adalah makaan yang alami dan diproses seminimal mungkin. Makanlah dalam bentu menu yang seimbang, dalam arti cukup karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Perhatikan juga variasinya setiap hari.

Ingatlah untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah karena sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin dan antioksidan, zat-zat fitokimia, mineral, enzim dan serat yang sangat bermanfaat untuk memerangi aneka penyakit degeneratif seperti kanker, dan penyakit jantung, selain menyehatkan dan membuat panjang umur. Itulah sebabnya Institutte Kanker Nasional dan Asosiassi Jantung Amerika menganjurkan untuk mengonsumsi 5-9 porsi buah-buahan mentah dan segar serta sayur-sayuraan setiap hari.

GUnakan suplemen & herba bila perlu
Beberapa jenis suplemen yang bisa membantu membentuk kekebalan tubuh yang kuat diantaranya adalah:
• Vitamin A: pelindung kulit dan paru-paru srta berfungsi meningkatkan produksi antibodi.
• Vitamin C: untuk perbaikan jaringan
• Vitamin E: untuk mempertahankan kesehatan kulit dan meningkatkan fungsi sel-sel kekebala tubuh.
• Seng: berfungsi antivirus
• Selenium: berfungsi mencegah penyakit infeksi.

Sedangkan herba yang bisa membantu misalnya:
• Ginseng Siberia (Eleutherococcus senticosus). Membantu meningkatkan daya tahan kita, terutama dalam menghadapi kondisi yang menimbulkan stres.
• Asragalus (Astragalus membranaceous), herba dari Cina ini membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah infeksi virus serta bakteri, juga obat yang baik untuk mencegah batuk pilek serta flu.
• Echinacea: meningkatkan jumlah sel kekebalann dan zat-zat lain yang berfungsi melawan infeksi untuk melindungi tubuh. Berdasarkan penelitian herba ini bisa membantu mencegah batuk pilek.
• Bawang putih: mampu melawan infeksi, antivirus, antibakteri, antibiotik dan sangat membantu mengatasi batuk pilek. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan memakannya mentah.

Kelola stres dengan baik
Berdasarkan penelitian, stres dapat melemahkan daya tahan tubuh. Orang yang terlalu banyak atau terlalu sering stres bisa terkena berbagai penyakit mulai dari sakit kepala, gangguan saraf, hingga kanker.
Karena itu Anda perlu mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi stres, apakah dengan latihan-latihan seperti meditasi, yoga, dan tai chi. Atau dengan cara lain yang sesuai dengan hobi Anda apakah mendengarkan musik yang menenangkan, menonton film-film favorit, merangkai bunga, atau belajar melukis.

Sumber: Majalah Nirmala

 

One response

  1. Today we will be looking at the Oral-B Professional Care
    Deluxe Electric Toothbrush – 8850 DLX. Each person might prefer the different features that come with the toothbrush;
    there are many models to choose from so you can choose one that best fits your needs.
    The oscillating and pulsating method creates brush strokes of anywhere from 3,500 to 40,000
    brush strokes per minute which removes far more plaque over time than manual toothbrushes.

    Mei 28, 2013 pukul 5:25 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s