Racing is my blood, Islam is my way to life

Agar Mulut Tak Beraroma Tak Sedap

 
Agar mulut tak beraroma tak sedap, dokter gigi umumnya menganjurkan agar banyak minum air putih. Air putih, selain menghindarkan kekeringan mulut juga dapat memperlancar kerja air liur mencuci bakteri yang berada di mulut.Selain itu, dokter gigi juga menganjurkan menyikat daerah sekitar lidah dan di balik lidah saat menggosok gigi. Karena, di tempat sekitar lidah inilah bakteri umumnya bersembunyi dan berkembang biak.

Sampai saat ini belum ditemukan obat yang langsung dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Kiat utama untuk mencegah atau menghilangkan aroma tak sedap mulut adalah menghilangkan faktor-faktor penyebab sehingga dapat ditangani dengan tepat.

Akan tetapi, beberapa hal berikut dapat dipertimbangkan agar mulut tak beraroma tak sedap, antara lain:
• Menghindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan bau mulut seperti petai, jengkol, dan bawang-bawangan.
• Jaga kebersihan dan kesehatan gigi dan rongga mulut. Sikat gigi pagi hari dan sebelum tidur adalah mutlak. Menggunakan cairan kumur antiseptik dapat juga membantu, asal tidak berlebihan. Penggunaan cairan kumur antiseptik yang berlebihan justru dapat menyebabkan iritasi dan merusak lingkungan biologi di dalam mulut.
• Minum air putih enam sampai delapan gelas per hari.
• Konsumsi sayuran segar dan buah yang berserat.
• Olahraga secara teratur.
• Tidak merokok karena mempertinggi risiko timbulnya bau mulut.
• Hindari diri dari stres.

Tidak ada salahnya meminta dokter gigi untuk memeriksa lebih teliti, apakah ada kelainan atau kerusakan pada geligi. Jika ada kelainan tentu saja dapat segera diobati.

Namun, bila tidak menemukan masalah pada gigi dan mulut, konsultasikan ke dokter spesialis THT (telinga hidung tenggorokan). Bila belum juga ditemukan masalahnya, barulah ke dokter ahli penyakit dalam karena dikhawatirkan bau mulut merupakan bagian dari kelainan organ dalam tubuh.
Sumber: detikhealth.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s