Racing is my blood, Islam is my way to life

Gaya Hidup Mencegah Hipertensi

Tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah di arteri selalu berada di atas tekanan darah normal. Normalnya tekanan darah seseorang 120/80 mmHg. namun hal itu brvariasi menurut umur dan jenis kelamin. Angka yang pertama (120) menunjukan tekanan darah sistolik (dari jantung ke seluruh tubuh), sedangkan angka kedua (80) menunjukan tekanan darah distolik (tekanan darah di arteri ketika jantung beristirahat di antara pompaan jantung)

Nah, sekarang bagaimana cara untuk mencegah terjadinya hipertensi pada diri Anda?

Tidak Merokok
Merokok dapat merusak jantung dan sirkulasi darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Merawat berat badan tetap ideal
Perawatan dengan beat badan sehat untuk dewasa dengan body mass index 20-25 kg/m2, yaitu dengan makan yang diet seimbang dan aktif beraktivitas daapt melindungi dari penyakit hipertensi.

Untuk orang over weight, sebaiknya menurunkan berat badan sekitar 5 persen – 10 persen berat badan untuk menurunkan tekanan darah. Berat badan yang ideal juga akan mengurangi dosis pengobatan antihipertensi yang dibutuhkan untuk mengontrol derajat tekanan darah.

Kehilangan berat badan memiliki keuntungan kesehatan lain, dapat membantu melindungi Anda dari serangan penyakit lain akibat hipertensi yaitu diabetes, kardiovaskular dan kanker.

Aktif Beraktivitas
Olah raga teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperbesar penurunan berat badan. Kondisi ini juga mengurangi risiko penyakit jantung. Orang yang latihan secara teratur memiliki risiko 50 persen lebih rendah meninggal akibat serangan jantung. Aktivitas fisik secara teratur juga dapat mengurangi stress.

Olah raga sebaiknya yang sedang-sedang saja, selama 30 menit sekurangnya 5 hari dalam seminggu. Anda dapat melakukan jalan cepat atau berenang. Orang tua dengan hipertensi seharusnya mencegah aktivitas yang melibatkan pernafasan, seperti angkat berat, karena dapat meningkatkan tekanan darah. Exercise secara rutin diperlukan menjaga kestabilan tekanan darah Anda.

Minum Alkohol dalam porsi sedang
Minum alkohol berlebihan tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga menaikan berat badan Anda. Selain itu, mengkonsumsi alkohol berlebih dapat menyebabkan resistensi pada terapi antihipertensi dan berisiko terjadinya beberapa penyakit lain, seperti stroke dan jantung.

Saat ini, direkomendasikan minum alkohol dibatasi untuk perepuan tidak lebih dari 2-3 gelas sehari, dan laki-laki 3-4 gelas sehari.

Makan sehat dengan diet seimbang
Diet dengan rendah lemak, termasuk makanan produk olahan dengan lemak rendah, buah dan sayur-sayuran dapat menurunkan tekanan darah. Diet ini dengan mengurangi lemak dan kolesterol dan meningkatkan jumlah potassium, magnesium dan kalsium. Mengurangi garam dalam diet Anda akan berdampak positif pada kesehatan Anda.

Laporan The Scientific Advisory Commitee on Butrition baru-baru ini menyimpulkan bahwa asupan sodium adalah faktor penting pada peningkatan tekanan darah pada usia tidak muda lagi. Sumber utama sodium dalam garam. Untuk itu, di UK direkomendasikan mengurangi garam hanya 6 g perhari.

Tidak cukupnya asupan potasium juga dapat meningkatkan tekanan darah. Potasium dapat ditemukan pada daging, pisang, ikan kacang. Selain itu lemak dan kompi jangna dikonsumsi berlebihan. Adapun bawang putih disarankan untuk dikonsumsi karena dapat menurunkan tekanan darah.

Mencegah Stres dan melakukan relaksasi
Meski stres berlebihan sering menyumbang terjadinya peningkatan tekanan darah, namun banyak teknik untuk meredakan stres agar tidak berdampak hipertensi yaitu dengan relaksasi, meditasi, stretching, yoga, massage atau curhat dengan teman dapat membantu mengurangi stres dan tekanan darah Anda
Sumber : Berbagai Sumber

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s