Racing is my blood, Islam is my way to life

Latest News : 600cc akhirnya menggantikan 250cc mulai 2011

250cc Group in action

Menindaklanjuti pertemuan komisi Grand Prix pada hari jumat tanggal 27 juni 2008 di assen, FIM akhirnya memutuskan untuk mengganti kategori kelas 250cc dengan kelas 600cc, mulai tahun 2011. Komisi Grand prix  terdiri dari Carmelo Ezpeleta (dorna), Claude Danis (FIM) Herve Poncharal (IRTA), dan Takanao Tsubouchi (MSMA).

Namun, dalam keputusan kali ini, FIM belum menjelaskan apakah motor baru ini harus prototype atau boleh menggunakan basis produksi massal. Kalau boleh menggunakan produksi massal, dari segi biaya memang jauh lebih murah, tapi kelas ini akan berbenturan dengan mainan FG sport, yaitu World Supersport, yang menggunakan motor 600cc massal, seperti Honda CBR, Yamaha R6 dan Suzuki GSX 600. Pihak FG sport sendiri mengklaim bahwa balap kelas 600cc dengan motor produksi massal masih menjadi hak ekslusif mereka dan akan menggugat dorna bila membalapkan kelas yang sama.

Definisi dari Production based dan prototype sendiri masih menjadi isu paling hangat dibicarakan dikalangan balap dunia. Tapi, seharusnya dorna membalapkan motor prototype, karena world grand prix adalah puncak balap dunia yang menjadi kiblat balap motor dan selama ini selalu menggunakan pacuan prototype.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s