Racing is my blood, Islam is my way to life

Awali Hari Cerah dengan Saluran Cerna Sehat

 
Tahukah Anda, bahwa memulai hari yang menyenangkan dengan tubuh bugar dan sehat di awali dari tidak mengabaikan kesehatan saluran cerna.
Mengapa demikian ? Karena, saluran cerna merupakan cermin kesehatan umum, dimana sebagian besar produksi imunitas untuk daya tahan tubuh berasal dari sana.

Saluran cerna dikatakan sehat jika:

1. Dapat mencerna, menyerap dan memanfaatkan nutrisi secara optimal
2. Fungsi sistem imunitas terjaga sehingga daya tahan tubuh kuat
3. Keteraturan usus membuang residu (tinja) yang berisi sisa makanan, kelembaban (air), kuman-kuman termasuk yang patogen serta berbagai toksin.

Pembuangan residu yang tak teratur dan tak lancar sangat merugikan, karena akan diserap kembali oleh tubuh, termasuk toksin dan kuman patogen yang ada di dalamnya. Jika hal ini berkelanjutan dapat menjadi masalah berkepanjangan, dan dapat mengganggu sistem tubuh.

Bagaimana menjaga saluran cerna agar senantiasa sehat? Berbagai langkah dapat dilakukan, antara lain:

1. Pola hidup sehat
2. Teratur olah raga
3. Konsumsi makanan bergizi seimbang, empat sehat lima sempurna
4. Cukup asupan serat

Hal penting perlu diperhatikan adalah konsumsi serat, yang sering kurang bahkan terlewat dari daftar makanan sehari-hari. Padahal, fungsi serat sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Berdasarkan sifat kelarutannya, ada serat makanan larut dan tidak larut; keduanya memiliki fungsi saling terkait untuk saluran kesehatan cerna.
* Sifat dan fungsi serat tak larut antara lain menahan air, tidak difermentasi, memberi volume dan berat feses, membersihkan usus besar, memberi rasa kenyang serta memperlambat penyerapan gula.
* Sifat dan fungsi serat larut adalah pekat sehingga memperlambat waktu pengosongan lambung dan membuat rasa kenyang lebih lama, diperfemntasi oleh bakteri-baik usus, memperlambat penyerapan karbohidrat dan lemak, mempengaruhi komposisi bakteri usus menjadi lebih baik (efek prebiotik) dan meningkatkan penyerapan kalsium.

Penting diingat bahwa serat bersifat menahan air; hal ini bermanfaat untuk melembabkan, melunakkan dan memberi berat feses. Karenanya, perlu minum cukup air agar fungsi serat optimum.

Kemajuan teknologi pangan yang berhasil melakukan ekstraksi serat larut dari makanan tertentu, memberi banyak manfaat. Konsumsi serat dengan volume kecil (tidak memenuhi ruang lambung), namun diperoleh jumlah dan manfaat serat yang besar.
 (idionline/NeT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s