Racing is my blood, Islam is my way to life

Buka Bersama Muallaf Rumania

imageMuallaf di Rumania dikabarkan sangat bersemangat dalam menyambut dan mengisi bulan suci Ramadhan kali ini. Diantaranya mengadakan acara buka bersama.

Rasa semangat ditunjukkan dengan terlibat secara aktif dalam aneka aktifitas selama bulan puasa. Salah satu yang menarik adalah acara buka bersama. Tak seperti biasanya, kali ini mereka berkeliling kota untuk menjumpai rekan-rekan sesama muslim untuk diajak buka bareng. Tujuan mereka adalah untuk membangun jembatan antar sesama saudara se-Islam.

“Ini merupakan kali pertama para muallaf turut serta secara aktif dalam aneka aktifitas selama Ramadhan,” kata Robert Hoisan, salah seorang pengurus Asosiasi Muslim Rumania yang bermarkas di Bukarest, ibukota Rumania. “Contohnya Ramadhan ini, kami menyelenggarakan buka puasa bersama dengan cara berpindah-pindah. Kami bersafari dari satu kota ke kota lainnya untuk acara buka bersama ini,” lanjut Hoisan kepada IslamOnline.

Persaudaraan sesama muslim
Hoisan dan koleganya Dan Michi sangat terobsesi untuk mengadakan acara buka bersama sebanyak mungkin di setiap kota yang mereka singgahi.

“Dimana saja kami ketemu orang Islam, kendati cuma 3 atau 4 orang, Insya Allah kami akan senantiasa bersama mereka menyelenggarakan buka bareng dalam suasana sederhana. Yang ingin kami capai, rasa persaudaraan di antara sesama muslim,” tukas dia penuh semangat.

Menurut Hoisan, mereka sudah pernah saling membantu dalam berbagai acara berbuka di kota-kota besar dengan populasi muslim yang besar. “Kami pernah buat di kota Konstanta,” ungkap dia seraya menyebut salah satu kota di Rumania yang memiliki populasi umat Islam terbesar, mencapai 85 persen. Konstanta sendiri merupakan sebuah kota keresidenan di Tenggara Rumania.

Begitupun, tahun ini Hoisan dan rekannya justru memiliki obsesi lain, terutama untuk kalangan muda.

“Sebagai muallaf dari kalangan muda kami punya strategi sendiri. Kami inginnya kumpul dengan anak-anak muda yang tinggal berjauhan di kota-kota kecil,” kata dia.

“Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat untuk saling berbagi kasih saying terutama bagi mereka-mereka yang berpuasa. Demikian juga, ini yang sangat baik untuk saling mengenal satu sama lain. Saling ingat mengingatkan akan pentingnya membangun lingkungan yang diridhai Allah,” tukas Hoisan lagi. Hoisan, seperti muslim lainnya, selama bulan puasa hatinya merasakan kenikmatan dan kebahagiaan yang luar biasa. Dia merasa begitu dekat dengan Allah selama Ramadhan.

Asosiasi Muslim di Rumania juga berupaya untuk membangun jaringan (network) dengan kalangan Islam di seluruh Eropa.

“Kami telah menyusun daftar muallaf baru di seluruh Rumania, semata-mata untuk menjalin silaturrahmi dengan mereka. Kami undang mereka ke mesjid. Tak hanya untuk berbuka, tetapi juga guna membahas berbagai persoalan menyangkut masa depan Islam disini,” tegas Hoisan.

Dia juga menyebutkan kitab suci Alquran dan petunjuk Nabi Muhammad SAW harus menjadi acuan dalam membangun segala aspek dalam kehidupan. “Kami terus belajar dan mencoba berbagi ilmu semampu kami dengan para muallaf baru. Begitu juga dengan orang-orang nonmuslim yang tertarik dengan Islam,” ungkap Hoisan.

Didukung imam mesjid
Guna mewujudkan misi itu Hoisan meminta dukungan dari imam-imam mesjid di tempat yang mereka singgahi. Terutama untuk membantu dalam hal pengajaran ilmu agama islam. Pelajaran agama Islam, kata dia, diberikan satu kali dalam sepekan, terutama berkaitan dengan Ramadhan.

Hoisan dan sejumlah anggota asosiasinya saat ini berencana mengadakan perjalanan ke kota Ploiesti, terletak di pinggir Bukarest, untuk membantu para muallaf yang menderita cacat fisik. Sebelumnya, mereka mendapat berita lewat secarik surat yang dikirim oleh muslim di Ploiesti. Hoisan secara khusus juga mencatat kebanyakan para muallaf di Rumania masuk Islam di bulan suci Ramadhan.

Tak hanya bulan Ramadhan
Para muallaf di Rumania memang terlihat sangat aktif tahun-tahun terakhir ini. Tak hanya di bulan Ramadhan, di waktu yang lain, katakan seperti di bulan haji mereka juga terlibat aktif. Bahkan tiap tahun terjadi peningkatan jamaah yang cukup signifikan. Misalnya tahun 2006 silam diikuti oleh 320 jamaah dan merupakan yang terbesar sejak1989, atau setelah lepas dari komunis. Haji tahun 2005 diikuti oleh 180 jamaah. Beberapa dari mereka mengaku mendapatkan kedamaian hati yang tiada tara selepas melaksanakan ibadah haji.

“Bagi saya, haji adalah pengalaman rohani terindah yang pernah saya rasakan dalam hidup. Saya bersyukur bisa kesana. Nikmat sekali mendengarkan bacaan ayat-ayat suci AlQuran di Mekkah,” ujar Istan Liliana, salah seorang muallaf Rumania yang masuk Islam pertengahan 2005 silam seperti dikutip islamonline. Liliana yang bermukim di kota Konstanta memang telah lama menunggu kesempatan untuk bisa ziarah ke tanah suci guna mendapatkan kedamaian hati dan pikiran.

Liliana mengaku banyak mendapat tantangan setelah memeluk Islam, baik dari keluarga maupun masyarakat. Misalnya, ia kehilangan pekerjaannya persis selepas mengenakan jilbab. Lalu diacuhkan oleh keluarga dan teman-temannya. Dia tetap tegar menghadapinya seraya berdoa keluarga dan para sahabatnya mendapatkan hidayah satu ketika nanti. “Kebahagiaan yang saya peroleh lebih besar daripada tantangan ini,” kata dia.

Sedikitnya saat ini ada 70 ribu umat Islam bermukim di Rumania. Kebanyakan dari mereka berasal dari Turki dan Albania. Jumlah itu berarti 2 persen dari total penduduknya yang berjumlah 22 juta jiwa. Jumlah mesjid ada sekitar 80 buah.

Islam di Rumania sebenarnya telah dikenal sejak lama. Catatan Wikipedia, tradisi Islam telah ada sejak 700 tahun silam yang masuk melalui kawasan Dobruja, berdekatan dengan Laut Hitam. Daerah itu dulunya adalah bekas kekuasaan Khalifah Usmaniyah yang berkuasa selama lebih dari lima abad (1420-1878). Kini cahaya yang telah lama redup itu datang kembali. [Zulkarnain Jalil/www.hidayatullah.com]

Romania’s new Muslims are taking a central role during the holy fasting month of Ramadan, offering iftar meals and building bridges with fellow Muslims. (Photos courtesy Muslim Association of Romania/IOL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s