Racing is my blood, Islam is my way to life

Motogp 2009: Siapa bakal menggulingkan keperkasaan Rossi?

512072Musim kompetisi balap motor sejagad tahun 2008 telah usai dan Valentino Rossi telah membuktikan bahwa keputusannya pindah ke ban Bridgestone tidak salah. The Doctor kembali menjadi juara dunia yang tahun sebelumnya di rebut Casey Stoner.

Menghadapi musim balap 2009, banyak terjadi perpindahan pembalap. Kubu juara dunia, team Yamaha tetap mengandalkan Rossi dan Lorenzo. Dan yang menghebohkan bahwa pada musim 2009, Yamaha tetap menerapkan pemisahan tempat (paddock) untuk kedua pembalapnya walaupun menggunakan ban yang sama. Rossi kembali menjadi yang tercepat ketika sesi test di Jerez menggambarkan bahwa M1 telah mencapai performa yang stabil.

511961Perpindahan pembalap terjadi di kubu Ducati, Marco Melandri yang sebelumnya memperkuat tim ini hijrah ke Kawasaki karena tak kunjung mendapatkan hasil yang maksimal bersama Ducati. Melandri yang terbiasa dengan mesin Honda atau Yamaha yang berkarakter lembut, kesulitan untuk menjinakkan GP8 yang berkarakter lebih liar tenaganya. Dengan balik ke Kawasaki yang karakter tenaganya mirip-mirip dengan mesin 4 silinder inline-nya Yamaha, Melandri  berharap bisa mendapat hasil yang optimal. Line up Ducati untuk tahun ini diisi oleh Casey Stoner dan Hayden yang terdepak dari Repsol Honda.

Team Repsol Honda tetap mengandalkan Dani Pedrosa sebagai ujung tombak. Dani akan didukung oleh tandem yang merupakan rookie tahun lalu, Andrea Dovisiozo. Dovi sukses mendepak Hayden dengan performa di Sirkuit dengan motor satelit team Scott. Bahkan ia bisa mengalahkan Hayden yang lebih berpengalaman di arena motogp. Dani yang di tengah musim kemarin melakukan manuver mengejutkan dengan pindah ke Bridgestone, mulai mendapatkan ritme yang baik bersama ban barunya dengan mencatatkan waktu 1,39 menit mengitari sirkuit Jerez. Hanya dani dan Rossi yang bisa membukukan waktu di bawah 1,40′ pada test pasca musim 2008 ini. Sedangkan kursi Dovisiozo di tim Scott diserahterimakan ke Yuki Takahashi yang naik kelas dari 250. di kelas 250, Takahashi juga berada ti tim Scott, sehingga ia hanya perlu untuk beradaptasi dengan motor saja.

Perpindahan pembalap juga terjadi d Kawasaki. Tahun depan Kawasaki mengandalkan Marco Melandri dan John Hopkins. Dengan demikian kursi Ant West otomatis tergusur. Sedangkan tim suzuki tetap mengandalkan veteran Capirossi dan Chris Vermuelen. Suzuki tahun ini gagal menunjukkan kejutan-kejutan seperti tahun balap sebelumnya. 512163

Team Dantin yang tahun lalu mengandalkan Toni Elias dan Guintoli di luar dugaan tahun ini merekrut pembalap tester Nicollo Canepa dan ex pembalap GP250 Mika Kallio. Toni Elias kembali ke tim lamanya, tim Honda Gresini menemani Alex de Angelis. Ducati juga menambah tim satelit baru yaitu tim Ondo 2000 dengan pembalap veteran, Sete Gibernau. Kehadiran Gibernau diharapkan akan menambah seru persaingan, sebab ia adalah seteru utama Rossi sewaktu masih di tim Gresini.

Tim satelit Yamaha asuhan Poncharal, tetap mengandalkan James Toseland dan collin edwards. Duet veteran Superbike ini terbukti kompetitif dan mampu bersaing dengan pembalap-pembalap tim papan atas.

So, siapa yang akan menggulingkan keperkasaan Rossi? Kita tunggu saja musim balap 2008. Siapa yang paling konsisten, dialah yang punya peluang paling besar merebut titel juara dunia Motogp.

2 responses

  1. ilham

    kayaknya itu si Mbah rossi susah digeserkan…memang harus kita akui keahlian Rossi dalam over taking para rider2 lainya dalam race…tapi akan lebih seru jika terjdai persaingan seru dalam satu tim antara V.Rossi dengan J.Lorenzo di thn 2009 depan…seperti yang terjdi 3/4 thn silam dimana persaingan anatara V.Rossi dan S.Gibernau…seru…..kan????

    Desember 4, 2008 pukul 11:53 pm

  2. augustaracing

    iya oom..aq juga pengen kompetisi yang lebih seru lagi..tapi kayaknya tahun depan kompetisinya tetap antara Rossi, Lorenzo dengan Stoner dan Pedrosa. Aq sih pengennya liat Dovizioso bisa nyodok, kayak stoner, from nothing to be the king..

    Desember 9, 2008 pukul 9:21 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s