Racing is my blood, Islam is my way to life

Tiga Kesemutan, Beda Sifat

KESEMUTAN, tak nyaman pasti. Umumnya, kesemutan ringan dan lekas hilang. Namun, ada kemungkinan kesemutan parah dan berlangsung lama. Pada kondisi begini, otot berisiko kehilangan kekuatan dan mengecil. Bahkan, sekadar memegang gelas tak mampu.

Kesemutan muncul akibat gangguan fungsi pada serabut saraf. Gangguan bisa terjadi pada sistem saraf tepi, sel saraf di sumsum tulang belakang, ataupun kelainan sepanjang saraf tepi. Kesemutan dibagi menjadi tiga. Yakni, polineuropati, mononeuropati, dan radikulopati. Pada ketiganya, awalnya pasien merasa ujung jari kesemutan. Selanjutnya, sakit sampai terasa terbakar.

Pada polineuropati, gangguan terjadi pada beberapa serabut saraf.  Biasanya terjadi pada ujung-ujung saraf yang terpanjang. Misal, pada kaki atau tangan. Kesemutan berawal dari ujung jari, lalu masing-masing merambat ke atas. Tetapi kesemutan lebih sering bermula dari ujung kaki.

Sifat polineuropati simetris. Jika pergelangan tangan kiri kesemutan, yang kanan juga. Gambarannya, kesemutan berpola sarung tangan. Maksudnya, area kesemutan mulai ujung jari hingga sedikit melampaui pergelangan tangan.

Jenis kedua, mononeuropati. Pada kondisi itu, gangguan motorik maupun sensorik hanya terbatas pada satu saraf. Polanya sama seperti polineuropati, namun tak simetris. Jadi, kesemutan hanya terjadi pada salah satu sisi tubuh. Misal, hanya pada kaki kanan.

Jenis ketiga, radikulopati. Gangguannya mulai sel saraf di sumsum tulang belakang hingga pangkal serabut saraf sumsum tulang belakang. Kerusakan akar saraf diduga terjadi akibat gangguan imunologi. Pada jenis itu, gangguan sensorik bervariasi dan tak memiliki pola khusus. Sebab, saraf dari sumsum tulang belakang bisa merambat ke mana saja.

Ketiga jenis kesemutan tersebut mungkin dikaitkan dengan defisiensi vitamin B1, B6, dan B12. Biasanya hal tersebut terjadi pada orang yang kurang mengonsumsi buah dan sayur. Kesemutan bisa juga diderita orang yang mengalami gangguan metabolisme. Contohnya, terserang kanker. Bahkan, akibat keracunan logam berat jenis timbal (Pb).

Kesemutan bisa diterapi dengan pemberian vitamin khusus untuk saraf. Yakni, kelompok vitamin B1, B6, dan B12. Gunanya, mempertahankan saraf tepi agar tidak cepat rusak. Terapi lain disesuaikan dengan penyebab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s