Racing is my blood, Islam is my way to life

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasirexplorergirls.com

WASIR bisa mengganggu aktivitas dan kenyamanan Anda. Karena itu ada baiknya melakukan pencegahan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mencegah wasir. Selain mencegah, cara ini juga membantu Anda menghindari perburukan wasir.

Perhatikan berat badan. Jika Anda kelebihan berat badan, cobalah mulai menurunkan. Menurut John O. Lawder, M.D., dari Torrance, California, berat badan berlebih akan membuat Anda mempunyai lebih banyak tekanan di area bawah tubuh. Hal ini akan  membuat Anda lebih berisiko mengalami lebih banyak gangguan wasir.

Kontrol asupan garam. Garam bisa memperburuk wasir Anda. Menurut Lawder, garam berlebih akan menahan cairan di sistem peredaran sehingga bisa menyebabkan pembesaran vena di anus dan area lainnya.

Hindari makanan dan minuman tertentu. Beberapa makanan, meskipun tidak memperburuk wasir bisa menyebabkan rasa gatal saat mereka melewati usus. Cobalah membatasi asupan kopi, bumbu perasa yang kuat (seperti cabai), bir dan kola.

Kurangi tekanan saat hamil. Perempuan hamil berisiko mengalami wasir. Hal ini, terang Lewis R. Townsend, M.D.,  dari Georgetown University Hospital di Washington, D.C., karena rahim tepat berada di atas pembuluh darah yang mengeringkan pembuluh darah wasir. Untuk mengatasi hal ini, Townsend menganjurkan Anda untuk berbaring menghadap ke samping selama 20 menit setiap 4-6 jam. Dengan cara ini, Anda sudah mengurangi tekanan pada vena utama yang menguras bagian bawah tubuh.

Perbanyak minum air dan tambah konsumsi serat (banyak terkandung di dalam whole grain, buah serta sayuran). Cara ini bisa mencegah pengerasan feses.

Memperlancar dengan minyak. Begitu Anda menambah asupan cairan dan serat ke dalam diet, feses Anda seharusnya menjadi lebih lembut dan Anda tidak perlu usaha keras saat buang air. Menurut Edmund Leff, M.D., seorang ahli bedah colon dan rektum dari Phoenix, Arizona, Anda bisa membantu memperlancar gerakan isi perut dengan cara memberi minyaki atau mengoleskan pelumas pada anus Anda dengan petroleum jelly.

Hindari angkat benda berat. Mengangkat beban berat dan olahraga berat, menurut Lawder, akan memicu peregangan. Jika Anda rentan mengalami wasir, pastikan meminta bantuan saat hendak mengangkat benda-benda berat. (OL-08)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s