Racing is my blood, Islam is my way to life

Draghill and Downhill, Alternatif nge-Gowess di Batam

Para pecinta bersepeda di Batam kini mempunyai alternatif baru selain bersepeda onroad. Alternatif tersebut adalah drag hill dan downhill. Sesuai namanya, draghill menyuguhkan rute menanjak bukit yang sungguh menantang, walaupun agak berat untuk yang pemula. Lokasinya ada di hutan Duriangkang , jadi tidak jauh jaraknya dari jalan raya Kota Batam. Pintu masuknya ada diseberang Perumahan Taman Mediterania, Batam Centre.

Lokasi draghill-downhill ini terbuka setiap hari, walaupun seringnya dipadati oleh pecinta sepeda pada hari sabtu dan minggu. Rute draghill yang ditawarkan sudah tertata dengan baik dan sesuai dengan kaidah safety. Sepanjang rute sudah dilengkapi dengan penunjuk jalan dan disediakan 2 buah posko untuk beristirahat, yaitu dipuncak bukit sebelum rute downhill dan posko 2 dipinggir DAM Duriangkang.

Trek draghill sebetulnya tidak panjang rutenya, tapi karena kontur jalannya yang menanjak dan berkelok-kelok, sehingga cepat menguras tenaga.  Tapi hal ini terobati dengan rimbunnya hutan yang membuat suasana dan udara menjadi sejuk dan segar.

Setelah beristirahat melepas lelah di puncak bukit, berikutnya kita disuguhi rute downhill yang tak kalah menantang. Kita harus berhati-hati dan cermat dalam mengambil line dan pengereman, karena kalau kita ceroboh atau lalai, jurang (sekitar 3-5meter dalamnya) sudah menanti kita. Di rute downhill ini kita juga disuguhi dengan tikungan-tikungan menantang yang dilengkapi dengan berm dan jumpingan-jumpingan yang menggoda. Hati-hati bagi yang belum pernah ke rute ini karena banyak jebakan jumpingan yang bisa bikin kita kaget dan terjatuh.

Setelah melewati rute downhill, kita akan bertemu posko kedua yang terletak di pinggir DAM Duriangkang. Di pos peristirahatan ini, kita bisa memesan minuman, buah ataupun makanan ringan seperti indomie untuk mengisi perut yang keroncongan setelah berdownhill ria. Di posko ini juga terdapat jungkit-jungkit dan jumping buatan yang bisa kita gunakan untuk menguji skill kita.

Setelah melepas lelah diposko 2, kita disuguhi trek ringan sebelum gerbang keluar. Di trek ini kita bisa mengayuh sepeda kita dengan speed yang lumayan tinggi dan masih aman buat pemula. Diantara posko 2 dan gerbang keluar, kita akan menemui arena menguji nyali yaitu trek yang berupa jembatan buatan yang dibikin diatas jurang yang dalamnya sekitar 3 meter. trek ini dibuat berputar-putar dan menuntut skill serta keseimbangan badan yang baik.

Melihat potensi dan kondisi trek yang bagus, seyogyanya pemko Batam bisa melihat kesempatan ini dan mengemasnya menjadi salah satu alternatif wisata unggulan, terutama untuk wisatawan asing dari Singapore dan Malaysia.

One response

  1. bro…newbie nih, boleh ikutan gabung gak???

    April 7, 2012 pukul 6:58 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s